Sabtu, 23 Agustus 2008

Tips Mimisan

IPS, Jangan Tengadah Saat MimisanBanyak orangtua yang menengadahkan kepala ke langit dan menjepit hidung dengan jari untuk menghentikan mimisan. Padahal dari segi medis, tindakan itu sama sekali salah.

Menengadahkan kepala justru menciptakan komplikasi karena mengalirkan kembali darah yang sudah keluar kembali ke esophagus. Ini berisiko tersedak dan darah mengalir ke perut, menyebabkan iritasi, mual dan muntah.

Catatan Asosiasi Dokter Keluarga menganjurkan tindakan pertama saat pendarahan hidung adalah duduk, bersandar dan tetap menjaga posisi kepala tetap berada di atas jantung. Cara ini cukup efektif membatasi pendarahan. Bersandar juga membantu darah mengering dan menjauhkannya dari esophagus.

Laporan dari jurnal kesehatan di Inggris, British Medical Journal mengatakan, pendarahan dapat dihentikan dengan menggunakan jempol dan jari menekan jaringan halus yang letaknya di bawah tulang hidung. Lakukan 5-10 menit. Kompres dengan air dingin atau es juga dianjurkan.

Apabila sudah menjalani semua cara itu dan pendarahan tidak berhenti dalam 20 menit, sebaiknya segera mencari bantuan medis.
Ngutip dari http://www.harian-global.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar